Quote:
Hemat energi merupakan langkah yang bijak untuk menghemat cadangan daya yang ada.Hemat energi bukan hanya dilakukan oleh pengguna kendaraan bermotor (BBM) tapi juga harus dilakukan dalam penggunaan energi listrik.Salah satu bentuk penghematan energi listrik adalah penggunaan alat2 listrik yang bijak.Komputer ataupun laptop yang kita gunakan juga tak lepas mengkonsumsi energi listrik yang besar.Lantas bagaimana langkah-langkah untuk menghemat energi di laptop maupun PC supaya lebih hemat energi?Berikut ini ada sedikit cara/tips yang akan membantu supaya komputer ataupun laptop anda lebih hemat energi. |
1. Atur Pencahayaan dan Kontras Monitor
Quote:
Mungkin bagi orang yang awam atau pemula dalam menggunakan komputer, mereka jarang sekali memperhatikan pengaturan monitor mereka. Yang dimaksud dalam hal ini adalah tingkat pencahayaan dan kontras yang diatur terlalu tinggi akan bisa menghabiskan banyak energi. Maka untuk itu anda harus bisa mengatur pencahayaan dan kontras tersebut, untuk mengatur pencahayaan dan kontras monitor tersebut gunakan tombol yang berada di bawah monitor. |
2. Matikan Monitor
Quote:
Tips yang ke-dua adalah dengan mematikan monitor, terutama monitor yang jenisnya adalah jenis CRT (Cathode Ray Tubel), karena monitor jenis tersebut lebih banyak mengkonsumsi tenaga listrik. Jadi, jika anda ingin meninggalkan PC tersebut dalam waktu yang lama, sebaiknya matikan monitor anda. Anda juga dapat menyetting Windows agar secara otomatis langsung mati dalam beberapa waktu tertentu, itu bisa dilakukan dengan cara, klik "Control Panel-Options". Dalam "Power Options Properties" klik tab "Power Schemes". Lalu klik tanda panah di bagian "Power Schemes" lalu pilih "Home/Office desk". Lalu pilih waktu yang diinginkan pada "Turn Off Monitor" dan klik "Apply" dan "OK". |
3. Matikan Hard disk
Quote:
Meskipun kita tidak sedang melakukan apa pun pada komputer kita, tapi data anda akan selalu dibaca dari hard disk (oleh sistem operasi dan beberapa aplikasi). Karena alasan ini, hard disk hard disk akan terus menerus berputar dan tentu saja ini akan menghabiskan energi. Jika anda ingin meninggalkan PC anda dalam waktu yang lama, maka sebaiknya matikan hard disk PC anda. Pada "Power Options Properties" lalu klik tab "Power Schmes". Klik tanda panah di bagian "Power Schemes" dan pilih "Home/Off desk". Kemudian klik "Turn off hard disk" dan pilih waktunya. Lalu klik "Apply" dan "Ok". |
4. Matikan Peralatan Lainnya
Quote:
Matikanlah peralatan lainnya seperti, speaker, modem eksternal, scanner, Zip drive dan printer. Karena peralatan itu sangat menghabiskan banyak energi. Seringkali orang meninggalkan peralatan tersebut dalam keadaan aktif, bahkan saat kita sedang keluar dalam waktu yang lama. |
5. Mode Hibernate
Quote:
Mode hibernate ini adalah fasilitas untuk melakukan shut down, tapi tidak menutup atau mematikan aplikasi yang sedang kita buka tadi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara Mode "Hibernate". Dengan mode ini, isi memory utama (RAM) akan tersimpan dalam hard disk. Cara melakukan mode hibernate adalah sebagai berikut, pada "Power Options" kliklah tab "Hibernate". Lalu klik kotak dekat "Enable Hibernation". Klik juga pada tab "Advanced". Dalam bagian "When I Press the power button" lalu klik tanda panahnya kemudian klik "Hibernate". Klik "Apply" dan "Ok". Setelah itu tekan tombol "Power" pada komputer anda. Mode hibernate sudah berfungsi, tekan tombol "Power" sekali lagi, komputer anda akan menyala dan akan otomatis membuka aplikasi yang telah anda buka tadi. |
6. Mode Standby
Quote:
Agar bisa menghemat energi, sebaiknya pengaturan monitor dan hard disk berada di bagian yang paling rendah pada mode standby. Jika anda ingin meninggalkan PC sebentar, sebaiknya aktifkan mode standby. Namun yang harus anda ketahui adalah, saat mode standby aktif data-data yang belum anda simpan dapat rusak atau hilang kalau PC anda mengalami kerusakan. Sebaiknya simpan dahulu data atau dokumen anda sebelum anda mengaktifkan mode standby ini. Mode standby dapat dilakukan dengan cara, klik "Start-Turn Off computer" lalu klik "Stanby". |
7. Gunakanlah UPS